Pages

About

Senin, 22 Oktober 2012

Penggunaan Layanan Chatting untuk Berkomunikasi

Diposkan oleh M. Darmansyah Putra Jumat, 12 November 2010
CHAT merupakan kependekan dari Conversational Hypertext Access Technology, yaitu suatu sistem yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna Internet di seluruh dunia secara real-time dan online. Chatting merupakan salah satu aktivitas yang cukup populer di Internet, mereka berkumpul dari berbagai suku, bangsa, benua, ras, umur, dan jenis kelamin.

Terdapat banyak jenis program untuk chatting, salah satunya adalah mlRC. mlRC adalah salah satu program untuk chatting yang populer. mlRC menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk dapat berhubungan dengan jaringan IRC (Internet Relay Chat). Jaringan IRC adalah sebuah tempat pertemuan maya (virtual) di mana setiap orang dari seluruh penjuru dunia dapat saling berkomunikasi.

Kamu dapat memperoleh program di http://www.mirc.co.uk atau http://www.mirc.com. mlRC memberikan fasilitas untuk penggunanya untuk mengatur konfigurasi sistem yang diinginkan. Kamu harus menginstal terlebih dahulu program mlRC jika kamu belum memilikinya. Program mlRC yang terbaru sudah mencapai versi 6.17. Program tersebut dapat kamu peroleh (download) secara gratis melalui Internet dengan cara berikut.
1. Jalankan browser kamu, lalu buka halaman web http://www.mirc.com/get.html.
2. Ketika muncul halaman web, pilih lokasi server terdekat.


3. Secara otomatis akan muncul konfirmasi untuk melakukan download terhadap file instalasi mlRC, kemudian simpan di folder yang kamu inginkan.
4. Install file mirc617.exe dengan mengklik ganda. file tersebut. Ikuti langkah-langkah untuk meng-install mIRC sampai program mIRC benar-benar telah ter-instalt di komputermu.

Untuk melakukan chatting dengan menggunakan mIRC, ikuti langkah berikut.
1. Jalankan program mIRC dari desktop atau start menu komputer.
2. Ketika muncul jendela berikut, klik tombol Continue.

3. Secara otomatis akan muncul jendela mIRC Options.

4. Masukkan nama dan alamat e-mail kamu. Masukkan juga nama samaran kamu dalam kotak isian Nickname.
5. Klik tombol Connect To Serverpada kotak dialog mIRC Options. Ketika proses koneksi berhasil maka akan muncul jendela mIRC Favorites.

6. Selanjutnya, pilih salah satu channelyang ingin kamu masuki. Kamu juga dapat menuliskan nama channel tersebut dalam kotak isian Enter a channel name and click join. Misalnya channel #Bawel, lalu klik tombol join.
7. Jendela sebuah channel muncul setelah kamu berhasil terhubung dengan sebuah channel.
8. Pada kotak bagian kanan, klik ganda pada salah satu daftar alias yang ingin kamu ajak mengobrol
9. Sekarang, silakan mengobrol dengan teman kamu. Ketikkan sebuah kalimat, lalu tekan tombol Enter.
10.Untuk menutup atau mengakhiri percakapan, kamu dapat mengklik tombol Close pada jendela bagian kanan atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar